Apakah Kalian Sudah Mengetahui Penyebab Dan Faktor Resiko Lemah Jantung? Simak Yuk!

Apa penyebab lemah jantung?
lemah jantung dapat akibat penyakit, kondisi, atau faktor lainnya. Selain itu, faktor keturunan keluarga juga merupakan penyebab utama dari pelemahan jantung. Tergantung pada jenis kardiomiopati, penyebab dapat memiliki deteksi yang berbeda-beda.

Dilated cardiomyopathy adalah kondisi di mana jantung melemah dan menipis dan menyebabkan pembesaran rongga jantung. Akibatnya, jantung tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat menurun atau disebabkan oleh kondisi medis lainnya.
Hypertrophic cardiomyopathy adalah kondisi di mana otot jantung menebal dan melemah. Hal ini membuat darah sulit dipompa keluar jantung. Jenis kardiomiopati ini sering kali diturunkan pada keluarga.
Restrictive cardiomyopathy adalah gabungan kelainan. Rongga jantung tidak dapat terisi dengan darah karena ventrikel kaku dan tidak dapat rileks. Penyebab utama dari jenis ini adalah amyloidosis dan luka pada jantung akibat penyebab yang tidak diketahui.
Arrhythmogenic right ventricular dysplasia adalah jenis kardiomiopati yang langka. Pada jenis ini, otot pada bagian kanan bawah rongga jantung terganti dengan jaringan ikat. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada ritme jantung dan sering kali disebabkan oleh mutasi gen.

Faktor-faktor risiko
Apa yang meningkatkan resiko lemah jantung?
Ada banyak faktor risiko untuk lemah jantung, yaitu:
Riwayat keluarga terhadap kardiomiopati, gagal jantung, atau sudden cardiac arrest (SCA)
Penyakit atau kondisi yang dapat menyebabkan kardiomiopati, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, atau infeksi virus yang membuat otot jantung meradang
Diabetes atau penyakit metabolisme lainnya, atau obesitas parah
Penyakit yang dapat merusak jantung, seperti hemochromatosis, sarcoidosis, atau amyloidosis
Alkoholisme jangka panjang
Tekanan darah tinggi jangka panjang.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *