Bayern Bantai Habis Barcelona, Bagaimana Bisa?

by

Seluruh partai perempat final liga champions telah usai digelar. Mulai dari laga pembuka PSG yang berhasil melakukan comeback dramatis atas Atalanta dan ditutup dengan pertandingan terakhir antara Manchester City menghadapi Lyon. Diantara empat laga tersebut ada satu pertandingan yang paling disoroti karena melibatkan 2 tim yang berhasil menjajaki perempat final terbanyak dalam sejarah liga champions, yakni FC Bayern dan Barcelona. Ekspektasi publik akan pertarungan sengit keduanya sangat besar. Wajar saja mengingat kedua kesebelasan tersebut memiliki skuat bertabur bintang. Namun nyatanya fakta di lapangan berbanding terbalik. Pertandingan berakhir dengan skor 8-2 untuk kemenangan Bayern Muenchen. Bagaimana bisa?

Tentu banyak pihak terkejut. Memang diatas kertas Bayern lebih diunggulkan karena performa sangat konsisten mereka musim ini. Tetapi tetap saja, mengalahkan tim yang dihuni oleh seorang Lionel Messi dengan skor masif adalah suatu hal yang membiat siapapun tak habis pikir. Namun Livescore31 telah menemukan alasan mengapa Barcelona tidak berdaya. Jerome Boateng dkk menerapkan taktik garis pertahanan tinggi layaknya kebiasaan mereka di liga domestik. Intensitas tinggi yang juga mereka terapkan menyebabkan opsi mengumpan Barcelona mengecil. Apabila Bayern berhasil merebut bola dari kaki pemain Barcelona, maka jarak mereka dengan gawang musuh akan lebih dekat. Sebenarnya Barcelona juga memainkan filosofi high pressing yang sama dengan Bayern, namun tetap saja mereka terkejut menghadapi kesebelasan dengan taktik bertahan yang sama dengan mereka namun dengan lebih berani.

Bayen memainkan garis pertahanan  tinggi bukan tanpa resiko. Empat bek mereka yang berdiri sejajar hampir mendekati garis tengah lapangan meninggalkan ruang yang besar di sisi pertahanan mereka untuk dieksploitasi. Hanya saja dalam laga ini para bek Bayern sangat percaya diri ketika beradu lari dengan striker Barcelona. Dalam beberapa kesempatan mereka berhasil memenangi adu kecepatan dengan Suarez lalu melakukan sapuan sempurna. Tidak hanya bek, barisan penyerang seperti Lewy dan Gnabry layak mendapat pujian. Selain keberhasilan mereka mengonversi peluang, peran mereka dalam menekan bek Barcelona sangat efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *