Inilah Tanda-Tanda Hamil Saat Menstruasi

Secara medis, kasus hamil saat menstruasi memang bisa terjadi untuk wanita yang periode menstruasinya tidak teratur. Meskipun hamil saat haid, tanda-tanda kehamilan yang dialami pada umumnya sama dengan kehamilan di luar masa menstruasi. Hanya saja, rasa nyeri yang dialami lebih besar. Berikut inilah beberapa tanda kehamilan saat menstruasi yang umumnya dialami.

  1. Kram Perut

Tanda kehamilan memang berbeda-beda sesuai dengan kondisi hormonal dan faktor emosional yang dialami. Meskipun demikian, pada umumnya tanda-tanda kehamilan yang sering terjadi adalah kram perut. Hamil ketika menstruasi sekalipun, Anda tetap akan mengalami kram perut. Bahkan, kadarnya lebih besar.

Kram yang dirasakan bisa lebih dibandingkan hamil saat tidak menstruasi. Hal ini dikarenakan perubahan hormonal yang lebih kompleks. Jika mengalami hal ini, hindarilah mengerjakan pekerjaan berat. Anda harus beristirahat cukup agar tubuh menjadi rileks dan kram tidak semakin parah.

  1. Pusing

Tanda kehamilan berikutnya yang umumnya dialami adalah pusing. Rasa sakit kepala ini lebih sering terjadi ketika pagi hari, sehingga disebut juga dengan gejala morning sickness. Pusing yang dialami ini sama dengan pusing ketika hamil di luar masa menstruasi. Untuk menanganinya, Anda perlu beristirahat sejenak dan mengonsumsi minuman hangat di pagi hari.

Hindarilah aktivitas yang berlebihan agar tubuh bisa beristirahat dan tidak kelelahan yang justru memperparah kondisi kesehatan Anda. Gejala sakit kepala ini sering terjadi di awal masa kehamilan.

  1. Mual dan Muntah

Hamil saat menstruasi juga mengalami tanda kehamilan berupa mual dan muntah. Kedua gejala ini memang sepaket karena saling terkait dan menjadi tanda kehamilan yang paling sering dialami. Rasa mual ini tentu saja mengakibatkan rasa tidak nyaman. Gejala ini sering muncul ketika pagi hari setelah bangun tidur. Untuk itu, janganlah langsung beraktivitas dan minumlah air hangat.

  1. Pendarahan Ringan

Pendarahan ringan juga termasuk salah satu tanda kehamilan yang terjadi saat menstruasi. Umumnya, kehamilan terjadi di masa akhir menstruasi. Ketika mengalami pendarahan ringan ini, janganlah panik. Anda dapat memahami gejalanya. Pendarahan ringan ini tidak mengeluarkan darah berwarna merah segar, namun bercak merah kecokelatan.

Gejala tersebut sama seperti gejala yang dialami wanita yang hamil di luar masa menstruasi. Hanya saja, Anda akan merasakan hal yang sedikit berbeda. Akan ada rasa sedikit nyeri karena pendarahan akibat implantasi ditambah dengan menstruasi yang belum berhenti.

  1. Nyeri Pinggul

Tanda kehamilan yang terakhir adalah nyeri pinggul. Sama dengan kehamilan pada umumnya, tetap saja mengalami nyeri pinggul saat hamil di masa menstruasi,. Nyeri ini merupakan gejala kehamilan yang pasti dirasakan akibat perubahan hormonal. Tak hanya itu, hamil ketika menstruasi akan mengalami nyeri yang lebih sakit.

Berdasarkan tanda kehamilan tersebut, Anda mengetahui bahwa hamil saat menstruasi tidaklah membahayakan. Tanda kehamilannya sama hanya saja kadarnya yang berbeda. Ketika Anda mengalaminya, cukup lakukan penanganan dini sesuai petunjuk dokter dan jangan stres. Segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan seperti yang diulas di Orami Magazine.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *