Istirahatkan Mata Tiap Dua Jam Sekali

by

Gadget yang menjadi lebih canggih memastikan bahwa pengguna merasa di rumah untuk waktu yang lama dengan menggunakannya. Demikian juga, mereka yang bekerja di bidang digital pasti akan berlama-lama di layar gadget atau komputer. Kebiasaan ini jelas memengaruhi kesehatan mata.

Sekali lagi dikutip dari For Her Radar Jogja, pola yang salah saat menggunakan gadget atau komputer akan mempengaruhi fungsi saraf mata, yang akan mencegah mata dari melihat dengan benar. Menurut dokter mata Dr. Greece Setyandrianna, SP.M, kondisi ini dapat dialami oleh karyawan yang duduk di belakang komputer untuk waktu yang lama.

Menatap komputer selama delapan jam sehari, rata-rata karyawan hanya membiarkan matanya beristirahat saat makan siang. Bahkan kemudian, kadang-kadang orang masih menggunakan istirahat makan siang untuk memainkan gadget mereka.

Dia mengatakan bahwa mereka yang sering menggunakan komputer harus mengistirahatkan mata mereka setiap dua jam dengan melihat awan atau daun hijau di luar ruangan. Keterlambatan memiliki pengaruh besar pada fungsi saraf mata, sehingga otot-otot mata tidak bekerja terlalu banyak.

Dia juga menyarankan agar pengguna gadget atau komputer memberikan lebih banyak cahaya saat mengoperasikannya. Anda bisa membuka jendela atau gorden dari pagi hingga sore. “Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan orang merasa betah bahkan untuk waktu yang lama menggunakan gadget dan komputer di tempat yang lemah atau gelap,” katanya.

Ini akan membuat mata bekerja lebih keras, dan terlebih lagi ada lebih banyak paparan radiasi pada mata. Beberapa faktor yang menyebabkan orang terkena kondisi mata.

Dia menyarankan agar orang dengan gangguan mata mengubah gaya hidup mereka dengan pola yang salah dalam menggunakan gadget. Selain itu, Anda harus mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *