LANGKAH TEPAT DALAM MENGGUNAKAN LISTRIK HEMAT ENERGI

by

Listrik ada di pelosok desa sehingga listrik sudah masuk desa. Listrik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia bisa macet total. Pasalnya banyak pabrik dan industri besar yang menggunakan listrik dan bergantung pada listrik.

Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Tentunya dengan menggunakan Alat listrik hemat energi sedikit membantu dalam kehidupan sehari-hari. Karena diluar sana banyak alat elektronik dengan daya besar tetapi memiliki kegunaan yang sama. PT Sewatama sendiri memiliki berbagai macam alat penghasil listrik, mulai dari genset kecil sampai dengan genset dengan daya yang besar untuk disewakan.

1. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Cara menghemat energi yang pertama adalah kamu bisa menggunakan atau beralih ke lampu hemat energi, atau lampu LED. Pasalnya, lampu LED disebut akan lebih memberikan penerangan lebih tinggi ketimbang lampu bohlam, dan juga bisa berhemat hingga 90 persen listrik di rumah kamu.

Namun, harga lampu LED memang cenderung lebih mahal ketimbang bohlam, yakni sekitar Rp 13.500 hingga jutaan rupiah. Akan tetapi, untuk usia lampu sendiri, LED jauh lebih lama dan awet.

2. Matikan Semua Peralatan Elektronik Jika Tidak Digunakan

Cara menghemat energi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan semua peralatan elektronik, jika sudah tidak digunakan lagi. Pasalnya, peralatan eletronik yang kabelnya masih menancap meski sedang tidak digunakan, akan membuat aliran listrik tetap mengalir. Sehingga, tak hayal jika tagihan listrik kamu akan selalu melonjak setiap bulannya.

3. Mendesain Rumah Dengan Ventilasi dan Penerangan Alami yang Cukup

Cara menghemat energi berikutnya adalah dengan mendesain rumah kamu, dengan ventilasi, hingga penerangan alami yang cukup. Ventilasi yang cukup, akan membuat aliran udara dari luar bisa masuk ke dalam rumah, dan akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi baik dan bisa mengurangi penggunaan AC.

Penerangan alami yang cukup juga bisa membuat kamu, tidak memerlukan lampu pada siang hari. Kamu bisa mendesain jendela yang agak besar, di sekitar ruang tamu, kamar dan kamar mandi. Lumayan bukan, jika kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari, hanya karena kekurangan penerangan alami dari sinar matahari.

4. Gunakan Air Secukupnya

Cara menghemat energi ternyata juga tidak hanya soal listrik lho. Karena, air juga termasuk sumber energi yang sangat dibutuhkan bagi mahkluk hidup. Disaranakan, untuk menggunakan air secukupnya, dan jangan menggunakannya secara boros atau berlebihan.

Ingat, di daerah lain mungkin akan sulit untuk mendapatkan pasokan air bersih, sehingga kamu harus tetap menjaga sumber daya tersebut agar bisa digunakan sebagai sumber daya berkelanjutan.

5. Menggunakan Fasilitas Transportasi Umum

Cara menghemat energi berikutnya ini juga mungkin harus kamu terapkan, yakni dengan menggunakan fasilitas transportasi umum, agar kamu bisa menghemat bahan bakar, mengurangi kemacetan, dan juga mengurangi polusi. Atau, kamu juga bisa berpergian menggunakan sepeda, karena sepeda tidak menghasilkan polusi, bahkan akan membuat kamu tambah bugar dan sehat.

6. Melakukan Penelitian Demi Mengembangkan Penemuan Energi Alternatif

Cara menghemat energi berikutnya yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan mengembangkan penemuan-penemuan energi, sebagai sumber daya alternatif. Sebut saja seperti bio diesel, bio gas, penyaring air bersih siap minum dan lain-lain.

Jika kamu peduli terhadap lingkungan dan bumi, mungkin kamu yang sering atau hobi melakukan eksperimen, bisa membantu menemukan penemuan hebat untuk mengatasi masalah terkait energi.

Tunggu dulu kamu tidak perlu ribet karena banyak Alat listrik hemat energi yang menghasilkan kegunaan yang sama tanpa perlu membeli daya yang besar dan tentunya PT Sewatama mempunyai banyak rekomendasi listrik yang hemat energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *