Mengelola Utang dan Piutang Usaha

by

Hutang merupakan kewajiban yang timbuloleh sebab adanya transaksi pembelian terhadap barang atau jasa yang dilakukan secara kredit berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan dan harus segera dilunasi dalam tempo yang singkat. Hutang tidak selamanya bersifat negative dan menjadi beban dari sebuah perusahaan, namun hutang juga memiliki manfaat jika digunakan untuk kegiatan produktif perusahaan.

Selain itu perusahaan yang memiliki hutang tidak menjadi indikasi bahwa keuangan perusahaan tersebut juga dalam kondisi buruk, sebaliknya hal ini dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya pengeluaran kas yang berlebihan karena pembayaran yang serentak. Oleh sebab itu hutang juga dibedakan berdasarkan jangka waktu pelunasannya yakni hutang dalam jangka panjang serta hutang dalam jangka pendek.

Jenis hutang berdasarkan jangka waktu pelunasan

Penggunaan hutang masih dinilai positif selama nilai asset berada diatas nilai hutang, karena dengan demikian menjadi indikasi keuangan perusahaan masih aman. Berdasarkan jangka waktu untuk melunasinya, hutang dibedakan menjadi 2 yakni:

  1. Hutang jangka pendek

Memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun dan akan tercatat pada setiap periode laporan keuangan. Jenis hutang ini digunakan oleh perusahaan dalam rangka pembelian bahan baku, barang mentah maupun barang jadi untuk dijual kembali. Tujuannya adalah agar perputaran keuangan perusahaan menjadi cepat.

Contoh-contoh dari produk jangka pendek adalah hutang dagang atau jasa, hutang biaya, deviden, hutang wesel, pendapatan diterima dimuka

  1. Hutang jangka panjang

Memiliki jatuh tempo dalam satu periode akuntansi atau lebih. Kelebihan dari hutang jenis ini adalah dapat meningkatkan nilai asset dan keuntungan laporan keuangan pada periode yang bersangkutan, perputaran uang menjadi lebih cepat, serta memperkuat modal perusahaan dan menunjukkan rasio ekuitas yang akan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam rangka pengajuan kredit.

Sebenarnya perbedaan dari kedua jenis hutang tersebut selain terletak pada waktu jatuh tempo adalah pada metode pembayaran, Bunga yang timbul dari hutang serta jaminan yang dibutuhkan dalam upaya pengajuan kredit tersebut.

Utang dan piutang dalam berbisnis

Jika hutang merupakan kewajiban yang harus kita bayarkan kepada orang lain maka piutang berarti sebaliknya, yakni kewajiban yang harus orang lain bayarkan kepada kita. Banyak perusahaan yang sukses namun gagal mempertahankan bisnisnya karena sistem pengelolaan keuangannya yang buruk. Oleh karena itu untuk mencegah kerugian tersebut diperlukan cara yang tepat dalam mengelola utang dan piutang perusahaan.

  • Dalam melakukan hutang harus merencanakan dengan matang, memperhatikan kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang, memperhatikan tingkat kemampuan dalam mengembalikan pinjaman serta melakukan simulasi.
  • Dalam memberikan piutang harus membuat ketentuan dan perjanjian yang jelas, selektif dalam memilih pelanggan, membuat jadwal pengingat untuk masa jatuh temponya serta melakukan penagihan sesuai jadwal.

Dalam hal ini, BukuKas dapat membantu mengelola hutang dan piutang usaha, warung maupun toko online yang anda jalankan secara digital, semua transaksi juga tercatat secara rinci. Selain itu terdapat fitur invoice digital yang dapat dikirimkan melalui sms atau wa kepada pelanggan maupun supplier dalam rangka penagihan utang dan pitang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *