Menikmati Sunrise Diatas Awan Bukit Panguk Kediwung

Menikmati matahari terbit dengan udara segar jelas merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan menarik untuk dicoba. Di Jogja, daerah dengan banyak lokasi matahari terbit di dataran tinggi adalah daerah perbukitan Kabupaten Dlingo, Kabupaten Bantul. Ada banyak tujuan menarik di Distrik Dlingo, termasuk Rantai Bukit Panguk. Objek ini sebenarnya relatif baru, sehingga masih aneh bagi orang-orang di luar Jogya. Bukit Panguk Kediwung tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, yang sebelumnya populer sebagai objek wisata di Bantul. Bukit Panguk Kediwung dibuka untuk umum pada bulan Mei 2016. Itulah mengapa Bukit Panguk Kediwung belum sepopuler tujuan terdekat lainnya seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici.

Dukung hukum sebagai bukti Panguk Kediwung menikmati keindahan matahari terbit di atas awan. Matahari terbit ini terlihat jelas karena Bukit Panguk Kediwung menghadap ke timur. Waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit di Bukit Panguk Kediwung adalah pukul 5:00 pagi. Bulan adalah bulan terbaik untuk dikunjungi di musim kemarau. Jika seseorang terpaksa mengunjungi musim hujan, setidaknya satu hari harus dipilih jika tidak ada hujan sehari sebelumnya. Lokasi Bukit Panguk Kediwung terletak di desa Kediwung, Kecamatan Mangunan, Kabupaten Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukit Panguk Kediwung tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Mendapatkan ke Bukit Panguk Kediwung tidak sulit karena sudah ada sinyal yang sangat jelas. Beberapa waktu lalu jalan menuju Bukit Panguk Kediwung sudah berada di aspal. Jadi sekarang keadaannya baik tanpa celah. Hingga saat ini, Bukit Panguk Kediwung hanya menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu mobil atau motor. Kendaraan besar seperti bus tidak memiliki akses ke rantai Bukit Panguk. Untuk mempermudah perjalanan, pertama pergi ke terminal Giwangan dari pusat kota Jogja. Kemudian menuju ke selatan di sepanjang garis Imogiri timur di sepanjang jalan yang mengarah ke jalur kompleks Raja Imogiri.

Sebelum tiba di Makam Raja, ada pertigaan dengan arah ke Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus. Ikuti tanda-tandanya. Anda juga bisa pergi ke pasar Imogiri. Kemudian belok kiri untuk pergi ke Mangunan. Sepanjang jalan ada banyak arah ke Kebun Buah Mangunan, jadi ikuti saja sehingga tidak mendapatkan alamat yang salah. Sesampainya di Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk ada di dekatnya. Jaraknya hanya sekitar 2 km dari Kebun Mangunan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *