Zat Ini Yang Buat Kamu Bahagia Saat Konsumsi Cokelat

Cokelat adalah bahan makanan yang sangat popular belakangan ini. Rasanya yang unik dank has menjadikan cokelat sebagai primadona untuk dikonsumsi. Tak hanya rasanya yang enak, ternyata cokelat juga memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam cokelat asli yang terbuat dari 100 gram bubuk kakao asli terdiri dari 228,49 kkal; 19,59 gram protein; 13,5 gram lemak; 53,35 gram karbohidrat; 27,90 gram serat, dan 2,58 gram air.
Cokelat terkenal sebagai pengembali mood atau mood booster. Cocok banget buat yang lagi stress. Tapi tau gak si apa kandungan cokelat yang menyebabkan cokelat jadi penghilang stress ?
Cokelat merupakan olahan yang dihasilkan dari bahan baku yaitu biji kakao. Biji kakao ini nantinya diolah terlebih dahulu menjadi Bubuk biji kakao. Baru dari bubuk ini banyak yang diolah menjadi cokelat batangan atau cokelat bubuk sebagai minuma. Cokelat j mengandung beberapa senyawa bermanfaat. Beberapa senyawa tersebut yaitu senyawa antioksidan (polifenol dan flavonoid), senyawa alkaloid (teobromin, anadamida, dan fenetilamina), senyawa asam amino (triptofan, tirosin, dan fenilalanin), dan kafein.
Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit kanker. Sedangkan Senyawa fenetilamina adalah senyawa yang bisa merangsang peningkatan penyerapan triptofan ke dalam otak.Triptofan inilah yang bisa diolah menjadi dopamin. Dopamin merupakan hormone yang mengontrol rasa bahagia dalam tubuh, bergairah, dan meningkatkan konsentrasi otak. Jadi, jangan heran ya jika setelah makan cokelat akan menjadi lebih bahagia dan lebih produktif.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *